Tips Memulai Bisnis Kuliner


http://bisniskulineranda.blogspot.com


Bisnis Kuliner, salah satu alternatif untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis. Bila Anda ingin terjun ke bisnis kuliner entah itu restoran, katering atau kafe, salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah merencanakan menu secara matang. Untuk sebuah bisnis yang baru berdiri, kemampaun dalam memilih menu akan sangat menentukan apakah bisnis kuliner tersebut akan berkembang dengan lancar atau tidak.

Dengan memilih menu yang tepat, sebuah bisnis kuliner akan mudah mengorganisir waktu memasak, suplai makanan, proses belanja atau pemesanan bahan makanan dan tentu saja anggaran.

Tips untuk Anda yang ingin membuka usaha kuliner

1.    Memilih Jenis Makanan
Pilihlah makanan yang diketahui & dikuasai resepnya beserta dengan cara pembuatannya. Mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa susahnya.

2.    Riset pasar
Melakukan riset pasar merupakan hal penting sebelum memulai usaha kuliner, usahakan riset mengenai makanan apa yang belum terjual di sekitar tempat anda akan membuka usaha,dan usahakan di tempat tersebut anda tidak memiliki saingan

3.    Menu beda dari yang lain
Jika anda membuka restoran atau usaha kuliner dan memiliki banyak pesaing di daerah tersebut usahakan anda menciptakan beberapa inovasi dari menu restorant anda misalanya ,jika pesaing anda menjual Ayam Goreng,usahakan anda membuat menu yang beda,atau jika memang menu yang sama usahakan membuat nama yang berbeda ,misalanya Ayam Goreng Ketawa,yang merupakan hal unik yang membuat orang penasaran untuk mencobanya.

4.    Harga jual
Pada saat memulai bisnis kuliner usahakan mulai dengan harga lebih murah tapi tidak rugi untuk menarik pelanggan dan berikan kualitas yang baik.

5.    Ramah kepada pelanggan
Bersikap ramah kepada pelanggan merupakan hal wajib,yang membuat orang merasa betah dan ingin kembali ke restoran anda,dan jika anda memiliki karyawan,usahakan karyawan tersebut bisa bersikap ramah kapada semua pelanggan.

6.    Perhatikan permintaan pelanggan
Perhatikan pesanan dari pelanggan pada saat mereka memesan menu,karena setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda,

7.    Jaga kebersihan tempat usaha
Kebersihan merupakan daya tarik lain untuk pelanggan,karena pelanggan akan merasa nyaman pada saat makan ketika tempat usaha Anda bersih dan jauh dari hal hal yang kotor,seperti sampah lalat dan sebagainya.

8.    Lakukan peningkatan
Jika pelanggan semakin banyak atau bahkan kita sudah memiliki pelanggan tetap usahakan,untuk merekrut tambahan pegawai dan lakukan perluasan pada tempat usaha untuk meningkatkan mutu dan pelayanan usaha Anda.

9.   Jam operasional
Buat Jam Operasional tetap untuk mempermudah pelanggan dan menambah jumlah pelanggan tetap dengan cara mempatenkan jam buka dan jam tutup dari usaha Anda.agar tidak membingungkan pelanggan.

10.  Lakukan Promosi
Promosi merupakan hal penting dalam usaha,meskipun mutu pelayanan Anda tinggi namum tidak ada orang yang tahu, usaha anda tidak akan cepat berkembang maka dari itu kekuatan promosi sangatlah penting, Teknologi sekarang mempermudah Anda untuk melakukan promosi seperti di facebook, bc pada blackberry dan melalui website /blog.


Pilih Menu yang Merupakan Kekuatan Anda Saat memulai usaha kuliner dimana anda merupakan juru masaknya, pilihlah menu dimana sebagian besarnya merupakan kekuatan anda. Jika anda pandai membuat makanan yang serba digoreng, fokuslah pada menu-menu tersebut dengan lebih sedikit variasi makanan lain. Anda juga bisa mempekerjakan orang lain untuk mengerjakan menu-menu yang bukan keahlian anda, misalnya racikan minuman tertentu atau makanan berkuah. Seiring waktu, anda bisa belajar menangani masakan yang lain atau mempekerjakan lebih banyak orang saat menu semakin bervariasi.